About

About
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

About Me

Elma Aini Syafitri
View my complete profile

RESUME FENOMENA FISIK ( KONSEP DASAR IPS )

RESUME FENOMENA FISIK A. Manusia dan Lingkungannya Permukaan bumi merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup. Menurut ilmu lin...

Followers

Navigation

MAKALAH MATEMATIKA TENTANG DATA

MAKALAH 
TENTANG DATA

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah 
Kapita selekta matematika

DosenPengampuh: Adityawarman S.Pd, M.Pd




DISUSUN OLEH  :

ELMA AINI SYAFITRI 
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
2017


BAB I
PENDHULUAN
A. Latar Belakang
     Kegiatan pengumpulan data di lapangan, akan menghasilkan angka– angka yang disebut data kasar. Penyebutan dengan istilah data kasar menunjukkan bahwa data itu belum diolah dengan teknik statistic tertentu. Jadi, data – data itu masih berwujud sebagaimana data itu diperoleh yang biasanya berupa skor. Skor – skor tersebut dapat pula disebut dengan istilah skor kasar, yang artinya sama dengan data kasar. Biasanya relatif banyak dan tidak beraturan. Dalam pembuatan laporan penelitian, data tersebut yang harus dilaporkan. Agar dapat memberikan gambaran yang bermakna, data – data itu haruslah disajikan ke dalam tampilan yang sistematis.
B. Rumusan Masalah    1. Apa itu Data ? 
    2. Apa itu Pengertian Data Menurut Beberapa Ahli ?
    3. Apa-apa saja Sumber Data dan Hirarki Data itu ?
    4. Apa saja Jenis-jenis Data ?
    5. ApA-apa saja Pembagian Data ?
    6. Apa saja Fungsi data itu ?
C. Tujuan
     1. Untuk mengetahui Pengertian Data
     2. Untuk mengetahui Pengertian Data Menurut Beberapa Ahli  
     3. Untuk mengetahui Sumber Data dan Hirarki Data
     4. Untuk mengetahui Jenis-jenis Data
     5. Untuk mengetahui Pembagian Data
     6. Untuk mengetahui Fungsi data
D. Manfaat Penulisan
    Semoga dengan kami menulis makalah ini bisa banyak membantu masyarakat dalam mengetahui tentang “ Data “. Dan semoga bermanfaat bagi orang banyak

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Data
   Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak daridatum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
B. Pengertian Data Menurut Beberapa Ahli:1. Menurut Arikunto data merupakan segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi, sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data yang dipakai untuk suatu keperluan.
2. Menurut Wahyudi data adalah informasi yang telah diterjemahkan ke dalam bentuk yang lebih sederhana untuk melakukan suatu proses. Sehubungan dengan komputer saat ini dan media transmisi, data adalah informasi diubah menjadi bentuk digital biner. 
C. Sumber Data dan Hirarki Data 
Menurut Yakub (2012:6), Sumber data dapat diperoleh dari berbagai sumber untuk memperolehnya. Sumber data diklasifikasikan sebagai sumber data internal, sumber data personal, dan sumber data eksternal.
1. Data Internal sumbernya adalah orang, produk, layanan, dan proses. Data internal umumnya disimpan dalam basis data perusahaan dan biasanya dapat diakses.
2. Data Personal, sumber data personal bukan hanya berupa fakta, tetapi dapat juga mencakup konsep, pemikiran dan opini.
3. Data Eksternal, sumber data ekternal dimulai dari basis data komersial hingga sensor dan satelit. Data ini tersedia di compact disk, flashdisk atau media lainnya dalam bentuk film, suara gambar, atlas, dan televisi.
D. Jenis-jenis Data
1. Menurut sifatnya, jenis-jenis data yaitu :
a. Data Kualitatif: data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka, misalnya: Kuesioner Pertanyaan tentang suasana kerja, kualitas pelayanan sebuah rumah sakit atau gaya kepemimpinan, dll.
b. Data Kuantitatif: data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, misalnya: harga saham, besarnya pendapatan, dll.
2. Jenis-jenis data menurut sumbernya, antara lain :
a. Data Internal: data intenal adalah data dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Contohnya: suatu perusahaan, jumlah karyawannya, jumlah modalnya, atau jumlah produksinya, dll.
b. Data Eksternal: data eksternal adalah data dari luar suatu organisasi yang dapat menggambarkan faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi hasil kerja suatu organisasi. Misalnya: daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.
3. Jenis-jenis data menurut cara memperolehnya, antara lain :
a. Data Primer (primary data): data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan/suatu organisasi secara langsung dari objek yang diteliti dan untuk kepentingan studi yang bersangkutan yang dapat berupa interview, observasi.
b. Data Sekunder (secondary data): data sekunder adalah data yang diperoleh/ dikumpulkan dan disatukan oleh studi-studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain. Biasanya sumber tidak langsung berupa data dokumentasi dan arsip-arsip resmi.
4. Jenis-jenis data menurut waktu pengumpulannya, antara lain:
a. Data cross section, yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at a point of time) untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut. Misalnya; data penelitian yang menggunakan kuesioner.
b. Data berkala (time series data), yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian/kegiatan selama periode tersebut. Misalnya, perkembangan uang beredar, harga 9 macam bahan pokok penduduk.
E. Pembagian Data
1. Pembagian Data menurut Susunannya
Menurut susunannya data dibagi atas data acak atau tunggal dan data berkelompok.
a. Data Acak Atau Tunggal
Data acak atau tunggal adalah data yang belum tersusun atau dikelompokkkan kedala kelas-kelas interval
b. Data Berkelompok
Data berkelompok adalah data yang sudah tersusun atau dikelompokkan kedalam kelas-kelas interval. Data kelompok disusun dalam bentuk distribusi frekuensi atau tabel frekuensi.
2. Pembagian Data Menurut Skala Pengukurannya
Skala pengukuran adalah peraturan penggunaan notasi bilangan dalam pengukuran. Menurut skala pengukurannya, data dapat dibedakan atas empat yaitu data nominal, data ordinal, data interval, dan data rasio.
a. Data nominal
Data nominal adalah data yang diberikan pada objek atau kategori yang tidak menggambarkan kedudukan objek atau kategori tersebut terhadap objek atau kategori lainnya, tetapi hanya sekadar label atau kode saja. Data ini hanya mengelompokkan objek/kategori ke dalam kelompok tertentu.
b. Data ordinal
Data ordinal adalah data yang penomoran objek atau kategori disusun menurut besarnya, yaitu dari tingkat terendah ke tingkat tertinggi atau sebaliknya dengan jarak/rentang yang tidak harus sama.
c. Data interval
Data interval adalah data di mana objek/kategori dapat diurutkan berdasarkan suatu atribut yang memberikan informasi tentang interval antara tiap objek/kategori sama. Besarnya interval dapat ditambah atau dikurangi.
d. Data rasio
Data rasio adalah data yang memiliki sifat-sifat data nominal, data ordinal, dan data interval, dilengkapi dengan titik nol absolut dengan makna empiris.
F. Fungsi data
1. Untuk membuat keputusan,
2. Sebagai dasar suatu perencanaan,
3. Sebagai alat pengendali terhadap pelaksanaan atau implementasi suatu aktivitas, dan
4. Sebagai dasar evaluasi terhadap suatu kegiatan.

BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Data adalah catatan atas kumpulan fakta, data itu adalah suatu fakta-fakta tertentu sehingga menghasilkan suatu kesimpulan dalam menarik suatu keputusan. data dibagi menjadi beberapa kelompok dengan fungsi yang sangat diperlukan dan mempunyai tujuan yang sangat penting bagi kehidupan sekarang secara nyata. Adapun beberapa ulasan tentang arti data yang berbeda namun inti dari data adalah untuk menjadikan syarat dalam pembuatan keputusan.
B. SARAN
Dengan menulis makalah ini kami mengakui memang masih banyak kekurangan-kekurangan yang terdapat di dalam makalah ini tapi kami berharap semoga apa yang kami tulis dan apa yang kami ketahui ini bisa banyak membantu masyarakat dalam memahami tentang “pengertian data, pengumpulan data dan penyajian data “. Dan semoga bermanfaat bagi orang banyak.
Share
Banner

Elma Aini Syafitri

Post A Comment:

0 comments: