About

About
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

About Me

Elma Aini Syafitri
View my complete profile

RESUME FENOMENA FISIK ( KONSEP DASAR IPS )

RESUME FENOMENA FISIK A. Manusia dan Lingkungannya Permukaan bumi merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup. Menurut ilmu lin...

Followers

Navigation

KUMPULAN MATERI IPA SD

MATERI IPA SD 
KELAS 2 SEMESTER 2
A. Standar Kompetensi
4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
4.1.Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi,siang dan sore hari.
                                                         
Kenampakan Matahari

     Kenampakan Matahari berbeda setiap waktu seperti Pagi hari Matahari di sebelah timur, Siang hari Matahari di atas kepala dan Sore hari Matahari di sebelah barat.
1. Matahari di Pagi Hari
    Hari ini hari Minggu Andi bangun pukul 05.00 pagi. Perlaha Matahari mulai terbit.Matahari terbit dari timur. Andi berolahraga di halaman rumahnya. Saat itu Matahari tampak berwarna merah. Udara masih terasa sejuk. Panas Matahari belum terasa.Andi mengamati bayangan tubuhnya. Andi mempunyai bayang-bayang.Mengapa ada bayang-bayang? Bayang-bayang disebabkan oleh cahaya matahari. Cahaya matahari mengenai tubuh Andi. Tubuh Andi membentuk bayang-bayang. Matahari berada di sebelah timur.Bayang-bayang Andi berada di barat.Bayang-bayang yang terbentuk panjang.Matahari bergerak perlahan.Matahari terus bergerak dari timur menuju barat.Matahari sudah tidak berwarna merah lagi.Pada pukul 9 pagi cahaya matahari mulai luas menyinari bumi.Panas matahari mulai terasa hangat.Andi menuju panas matahari.Bayangan yang dibentuk makin memendek.
2. Matahari Siang                                                                                                                         
Hari makin siang. Matahari naik makin tinggi.Saat itu pukul 12 siang. Matahari berada tepat di atas kepala. Cahaya matahari sangat terang.Cahaya matahari menyilaukan mata. Panas matahari menyengat kulit.Andi ingin melihat bayangannya lagi.Andi keluar Ia berdiri terkena cahaya matahari. Pada waktu siang hari bayangan tubuh Andi sangat pendek.
3. Matahari Sore 
Hari makin sore Matahari mulai bergerak turun.Saat itu pukul 3 sore.Kedudukan Matahari makin ke barat.Cahaya matahari terlihat mulai meredup.Panasnya terasa tidak menyengat lagi.Andi bermain layang-layang dengan temannya. Mereka bermain di lapangan. Ternyata bayangan Andi makin memanjang.Bayangan berada di sebelah timur.Bayangan akan menghilangSeiring tenggelamnya matahari.Hari sudah senja.Andi harus pergi ke toko buku.Andi pergi bersama ayahnya.Senja adalah batas sore dan malam.Saat itu cahaya matahari tidak panas.Warna Matahari menjadi jingga.Matahari enggelam di sebelah barat. Matahari tenggelam kira-kira pukul 6 sore. Saat itu Bumi mulai gelap.Hari menjadi malam.Udara malam menjadi dingin.

                                                                 MATERI IPA SD
                                                         KELAS III SEMESTER I

 SIFAT-SIFAT BENDA
                                                    
          Apabila dikelompokkan, benda-benda tersebut dapat dibedakan menjadi tiga wujud, yaitu benda padat, cair dan gas.
A. Sifat-Sifat Benda
     Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda yang lainnya. Misalnya, sifat meja berbeda dengan sifat cermin, sifat kait berbeda dengan sifat plastik, dan sebagainya. Dengan melihat, meraba, atau memegang suatu benda, kita akan dapat mengetahui sifat-sifat suatu benda. Sifat-sifat suatu benda, antara lain, ada yang halus, kasar, lunak, basah, bahkan ada benda yang bercahaya. Seperti telah dikemukakan sebelumnya, benda terdiri dari tiga wujud, yaitu benda padat, cair, dan gas. Masing-masing wujud benda padat memiliki sifat-sifat tertrntu. Sifat-sifat tertentu tersebut dapat dilihat, di antaranya dari bentuk dan isinya. Meja dan batu termasuk benda padat. Air yang terdapat dalam gelas termasuk benda cair, sedangkan udara dalam balon termasuk benda gas.                          1. Sifat-Sifat Benda Padat
    Meja dan batu termasuk benda padat. Mengapa demikian? Coba cocokkan sifat meja dan batu dengan sifat benda padat berikut ini!
a. Bentuk benda padat selalu tetap. Artinya, jika benda itu dipindahkan kemanapun, bentuknya tidak berubah.
b. Besar benda padat selalu tetap. Artinya jika benda itu dipindahkan ke mana pun, besarnya selalu tetap.
2. Sifat-Sifat Benda Cair
    Benda cair memiliki sifat-sifat, sebagai berikut :
a. Bentuknya selalu berubah menyesuaikan dengan bentuk wadahnya. Artinya, jika air dimasukkan ke dalam botol, maka bentuknya akan seperti botol. Jika air dimasukkan ke dalam gelas, maka bentuknya akan seperti gelas. Demikian seterusnya.
b. Volumenya selalu tetap. Misalnya, air di dalam gelas memiliki volume 50 ml dimasukkan ke dalam botol, maka volume air di dalam votol masih tetap 50 ml.
Selain air, contoh benda cair yang lain adalah kecap, sirup, alkohol, dan minyak.
3. Sifat-Sifat Benda Gas
    Udara termasuk benda gas. Di dalam paru-paru kita terdapat udara. Bila kita hembuskan udara ke dalam sebuah balon karet, maka balon akan menggelembung besar. Udara di dalam pompa, bentuknya seperti pompa dan volumenya sebesar volume pompa. Bila udara di dalam pompa kita pompakan ke dalam ban sepeda, maka udara tersebut akan berubah bentuk seperti ban sepeda.
Udara di dalam botol, bentuknya seperti botol dan volumenya sebesar volume botol. Bila air kita masukkan ke dalam botol, maka udara yang ada di dalamnya akan terdesak keluar dan bergabung dengan udara sekitar. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diuketahui bahwa udara atau benda gas mempunyai sifat-sifat, sebagai berikut :
a. Bentuk benda gas selalu berubah seusuai dengan bentuk wadahnya. Artinya, bila udara berada dalam botol maka bentuk udara tersebut akan seperti botol.
b. Volume benda gas selalu berubah dan memenuhi ruangan yang ditempatinya. Artinya, bila udara berada di dalam botol, maka volume udara tersebut akan sama dengan volume botol.
B. Membandingkan Sifat Benda Cair
1. Air
    Air mempunyai sifat, antara lain, cair, tidak kental, tidak berbau, tidak berwarna (jernih) dan tidak berasa. Air yang keruh, berwarna, mempunyai rasa, dan berbau menandakan bahwa air tersebut sudah mengandung bahan-bahan yang lain.                                                                                                       2. Minyak
     Berdasarkan asalnya, minyak dibagi menjadi tiga jenis, yaitu : minyak bumi, minyak nabati, dan minyak hewani. Minyak bumi berasal dari bumi, minyak nabati berasal dari tumbuhan, dan minyak hewani berasal dari hewan. Minyak memiliki kedua ciri dari benda cair, yaitu bentuknya berubah sesuai dengan wadah yang ditempatinya dan volumenya tetap. Namun minyak berbeda dengan air. Minyak yang satu dengan minyak yang lain juga memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi bau, warna, fungsi, berat, kekentalan, dan sebagainya.
3. Sirup
    Sirup termasuk benda cair karena bentuknya selalu berubah sesuai dengan bentuk wadahnya, sedangkan volumenya tetap. Meskipun begitu, sirup memiliki perbedaan dibandingkan dengan air ataupun minyak. Sirup umumnya memiliki sifat, anatara lain kental, berasa, berwarna, dan dapat dilarutkan di dalam air.
C. Membandingkan Sifat Beberapa Benda Padat
 1. Batu
     Ambil beberapa macam batu yang berada di sekitarmu. Amati bentuk, warna, permukaan, dan kekerasannya. Ada yang berbentuk bulat, ada yang berbentuk pipih. Ada yang berwarna hitam, merah, abu-abu, bahkan putih atau kuning. Permukaannya pun ada yang halus, ada yang kasar, ada pula yang berpori-pori.
2. Kayu
     Kayu berasal dari pohon. Sifat-sifat kayu juga berbeda-beda, tergantung dari asal pohonnya. Misalnya, kayu yang berasal pohon jati. Kayu jati umumnya bersifat kuat, lebih berat, dan lebih keras daripada kayu yang berasal dari pohon akasia. Kayu akasia umum memiliki sifat, antara lain, kuat, tahan lama, tidak mudah pecah, namun mudah terbakar.
3. Besi
   Besi termasuk benda padat hasil olahan manusia, namun bahannya berasal dari alam. Bahan dari besi disebut bijih besi.
4. Plastisin (Lilin Mainan)
    Plastisin atau lilin mainan termasuk benda padat. Coba ambil dan tekanlah dengan jarimu. Apa yang kamu rasakan? Terasa lunak bukan? Bentuklah plastisin menjadi bulatan, lempengan, kotak atau bentuk-bentuk lain seperti yang diinginkan. Maka dapat disimpulkan bahwa plastisin atau lilin mainan adalah benda padat yang mempunyai sifat lunak dan mudah dibentuk.
5. Tanah Liat
    Tanah liat merupakan bagian dari tanah yang sangat halus. Ukuran butiran-butiran tanah liat sangat sangat kecil sehingga tidak dapat kita lihat tanpa menggunakan alat bantu. Tanah liat umumnya berwarna coklat kemerahan, basah, lengket, dan mengering jika dibakar. Seperti halnya plastisin, tanah liat juga dibentuk. Peralatan rumah tangga dan benda-benada hiasan banyak yang terbuat dari tanah liat. Benda-benda yang terbuat dari tanah liat tersebut gerabah atau keramik. Pot tumbuhan, vas bunga, ganteng, kendi, dan kuali adalah contoh benda yang terbuat dari tanah liat.
Share
Banner

Elma Aini Syafitri

Post A Comment:

0 comments: