About

About
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

About Me

Elma Aini Syafitri
View my complete profile

RESUME FENOMENA FISIK ( KONSEP DASAR IPS )

RESUME FENOMENA FISIK A. Manusia dan Lingkungannya Permukaan bumi merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup. Menurut ilmu lin...

Followers

Navigation

JENIS ALAT MUSIK BERDASARKAN FUNGSI DAN SUMBER BUNYINYA

JENIS ALAT MUSIK
BERDASARKAN FUNGSI DAN SUMBER BUNYINYA
A.Macam-macam Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya
    Berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkannya, alat musik bisa diklasifikasikan menjadi lima.
1. Aerophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari udara yang bergetar dengan cara ditiup atau dipompa. Contoh : flute, seruling, rekorder, tuba, melodeon, clarinet, saksophone dan horn yang cara memainkannya dengan ditiup. Akordion dengan dipompa.

Jenis / Macam-Macam Alat Musik dan Contohnya
2. Idiophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari batangan logam atau kayu yang dipukul atau sumber bunyinya berasal dari alat itu sendiri. Contoh : bellira, calung, angklung, kulintang, perangkat gamelan.
Jenis / Macam-Macam Alat Musik dan Contohnya
3. Elektrophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari rangkaian elektronika yang terdapat di dalam alat tersebut. Perkembangan teknologi saat ini membuat alat ini bisa mengeluarkankan suara dari berbgai jenis alat musik. Contoh keyboard. Organ elektrik, gitar elektrik, bass elektrik dan lain-lain.
Jenis / Macam-Macam Alat Musik dan Contohnya
4. Membranophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya bersumber pada getaran pada selaput tipis yang terbuat dari kulit atau plastik yang berbunyi dengan cara dipukul. Contoh : tamborin, rebana, bedug, drum set, ketipung, bongo, konga, tympani dan lain-lain.
Jenis / Macam-Macam Alat Musik dan Contohnya
5. Chordophone, yaitu alat musik dimana sumber bunyinya berasal dari rangkaian dawai yang bergetar karena dipetik, digesek maupun ditekan.
Jenis / Macam-Macam Alat Musik dan Contohnya
a.Di petik    : gitar, harpa mandolin, ukulele, banjo, siter, kecapi bas dan lain-lain.
b.Di gesek   : biola, viola, cello, double bass, rebab
c.Di tekan    : piano akustik  
B.Macam-macam Alat Musik Berdasarkan Fungsinya
Berdasar atas fungsi alat musik dapat diklasifikasikan dalam 3 jenis alat musik yaitu:
1. Alat musik melodis, yaitu alat musik yang dipakai untuk menghasilkan untaian nada (melodi) sebuah lagu, misalnya: seruling, saksofon, pianika, harmonica, flute, terompet, rekorder dan lain-lain.
2. Alat musik ritmis, yaitu alat musik untuk menciptakan irama (ritme) saat dimainkan, misalnya: ketipung, konga, bongo, bass, drum set, kendang dan lain-lain.
3. Alat musik harmonis, yaitu alat musik untuk menciptakan paduan nada (akor) saat dimainkan, misalnya: gitar, piano, keyboard, organ dan lain-lain.
Share
Banner

Elma Aini Syafitri

Post A Comment:

0 comments: