About

About
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

About Me

Elma Aini Syafitri
View my complete profile

RESUME FENOMENA FISIK ( KONSEP DASAR IPS )

RESUME FENOMENA FISIK A. Manusia dan Lingkungannya Permukaan bumi merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup. Menurut ilmu lin...

Followers

Navigation

CERPEN

CERPEN
A.Pengertian Cerpen 
   Secara umum, cerpen dipahami sebagai salah satu bentuk karya sastra yang disajikan dengan singkat, jelas, dan langsung pada inti cerita. Dengan kata lain, cerita yang disajikan tidak menggunakan basa-basi yang terlalu banyak. Namun, langsung membahas pokok cerita yang dituangkan dalam tulisan pendek. Sehingga dalam dunia sastra, cerita ini dikenal pula dengan sebutan Cerita pendek. Dalam Kamus Bahasa Indonesia sendiri, istilah ini terdiri atas dua suku kata, yaitu Cerita dan Pendek. Cerita merupakan penuturan tentang bagaimana sebuah hal itu terjadi. Sementara pendek, ialah cerita yang dibuat di bawah 10.000 kata. 
B.Ciri Ciri Cerpen : 
   Jika dilihat dari aspek penulisannya, maka cerita ini dibuat dalam tulisan yang memiliki jumlah kata di bawah dari 10.000 kata. Biasanya juga cerita ini dimuat dalam 10 halaman saja, bahkan ada yang kurang dari 10 halaman. Hal ini dikarenakan sifat cerita yang langsung menuju pokok cerita, tanpa ada banyak kata basa-basi (pengantar). Cerpen singkat juga memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali, diantaranya cerita kebanyakan dibuat berdasarkan kisah dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian cerita tidak mendeskripsikan toko cerita secara detail, akan tetapi cukup membahas inti dari cerita tersebut.
C.Unsur Unsur Cerpen : 
   1. Unsur Intrinsik Cerpen
   Unsur Intrinsik meliputi tema, perwatakan, pesan atau amanat, alur, setting, maupun sudut pandang.
   2. Unsur Ekstrinsik Cerpen
   Unsur Intrinsik meliputi faktor dari masyarakat dan juga faktor dari penulis itu sendiri.
Share
Banner

Elma Aini Syafitri

Post A Comment:

0 comments: