About

About
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

About Me

Elma Aini Syafitri
View my complete profile

RESUME FENOMENA FISIK ( KONSEP DASAR IPS )

RESUME FENOMENA FISIK A. Manusia dan Lingkungannya Permukaan bumi merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup. Menurut ilmu lin...

Followers

Navigation

CARA MEMBUAT ANYAMAN DARI BAMBU

CARA MEMBUAT ANYAMAN DARI BAMBU
 
     Anyaman bambu memang tidak ada habisnya untuk dibuat sebagai kerajinan tangan yang mempunyai nilai guna dan nila seni yang sangat tinggi. Berikut ini beberapa tips untuk kamu yang ingin membuat anyaman dari bahan bambu. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan terlebih dahulu bahan utamanya yaitu bambu. Pilihlah bambu yang sudah kuat dan jangan menggunakan bambu yang terlalu tua. Karena akan sulit untuk dibentuk. Sedangkan jika kamu menggunakan bambu yang muda juga tidak baik karena seratnya yang masih tajam.
  1. Selanjutnya ketika memilih bambu, perhatikan ruas bambu. Pilihlah bambu yang mempunyai ruas yang saling sejajar.
  2. Setelah bahan sudah siap, maka siapkanlah alat-alat yang akan digunakan seperti gergaji, pisau, paku ukuran kecil, dan juga parang.
  3. Setelah semua bahan dan alat sudah siap, maka langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membelah bambu secara singkron dengan buku-bukunya. Pangkas dengan rapi menggunakan parang atau bisa juga dengan menggunakan gergaji.
  4. Setelah bambu terpotong rapih, keringkan bambu dibawah sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kandungan air yang terdapat di dalam bambu. Jemur selama beberapa hari sampai bambu benar-benar kering.
  5. Setelah bambu kering, belah bambu menjadi 2 bagian. Belahlah bambu secara vertikal sehingga kamu bisa mendapatkan lekukan bambu yang konkaf.
  6. Setelah itu raut potongan bambu dengan menggunakan pisau.
  7. Selanjutnya kita masuk dalam proses menganyam. Siapkan 2 helai potongan bambu, satu bambu menghadap ke dading dan yang satunya lagi menghadap ke kulit.
  8. Kemudian siapkan sumbu anyaman berupa satu helai potongan bambu yang panjang. Sumbu satunya sebaiknya menggunakan ukuran zig-zag, hal ini akan lebih mempermudah kamu dalam menganyam bambu.
  9. Buatlah sebuah sudut anyaman dengan cara menyilangkan kembali anyaman loka sebaliknya. Kemudian lipat itisan bambu agar sejajar dengan bagian sumbu bagian tengah.
  10. Untuk hitungan pada anyaman sebaiknya menggunakan hitungan 1-3-1. Hitungan anyaman ini merupakan hitungan yang paling sederhana dalam membuat anyaman bambu.
Share
Banner

Elma Aini Syafitri

Post A Comment:

0 comments: