About

About
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

About Me

Elma Aini Syafitri
View my complete profile

RESUME FENOMENA FISIK ( KONSEP DASAR IPS )

RESUME FENOMENA FISIK A. Manusia dan Lingkungannya Permukaan bumi merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup. Menurut ilmu lin...

Followers

Navigation

KEAJAIBAN PELANGI DALAM PANDANGAN ISLAM

KEAJAIBAN PELANGI DALAM PANDANGAN ISLAM
A. Proses terjadinya pelangi
    Pelangi adalah salah satu fenomena Optik yang terjadi secara alami dalam Atmosfer bumi. Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di Atmosfer, sehingga melalui tetesan air itu cahaya matahari tersebut di bengkokkan sedemikian rupa. Pada abad ke 17 ilmuan Inggris Sir Isaac Newton, menemukan bahwa cahaya putih matahari sebenarnya adalah campuran dari berbagai warna.
    Menurut Newton ada 7 warna yang sebenarnya terdapat dalam matahari, yaitu warna Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu sebutan mudahnya mejikuhibiniu. Sehingga ketika cahaya matahari terkena pantulan air hujan, ia akan membentuk lengkungan dengan warna warni yang indah, sehingga terjadilah apa yang kita sebut Pelangi. Namun, tahukah anda bahwa pelangi yang biasa kita lihat sehabis hujan turun ternyata memiliki banyak jenis.
B. Jenis jenis Pelangi
1.Pelangi Primer
Pelangi ini terjadi akibat satu pantulan air hujan, pelangi primer memiliki warna yang terkuat dengan warna merah pada bagian luar merah dan bagian dalam ungu.
2.Pelangi Sekunder
Pelangi ini terjadi akibat pemantulan cahaya sebanyak dua kali atau lebih. Pelangi sekunder yang dihasilkan oleh dua pemantul akan terlihat dilangit tempatnya diatas pelangi primer. Susunan warna pelangi sekunder merupakan kebalikan dari susunan warna pelangi primer. Pada pelangi sekunder warna merah berada didalam dan ungu diluar, warna pelangi sekunder jauh lebih rendah dari pelangi primer.
3.Pelangi Classic Rainbows
Pelangi ini merupakan warna alam yang terdiri dari 6 warna yaitu merah, oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu. Intesitas warna masing masing mungkin karena berbagai kondisi Atmosfer dan waktu.
4.Pelangi Circular Rainbows
Pelangi ini berbentuk seperti busur lingkaran yang sempurna dengan radius tepat 42 derajat menurut Descartes.
5.Pelangi Fire Rainbows
 
Pelangi ini bukan terbuat dari api seperti nama jenisnya. Jenis ini dinamakan Fire Rainbow karena fenomenya yang hanya dapat dilihat dalam kondisi spesifik tertentu seperti awan cirrus yang bertindak seperti prisma, pelangi ini setidaknya berada di ketinggian 20.000 kaki dan matahari harus.
Share
Banner

Elma Aini Syafitri

Post A Comment:

0 comments: