About

About
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

About Me

Elma Aini Syafitri
View my complete profile

RESUME FENOMENA FISIK ( KONSEP DASAR IPS )

RESUME FENOMENA FISIK A. Manusia dan Lingkungannya Permukaan bumi merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup. Menurut ilmu lin...

Followers

Navigation

KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN BEKAS

KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN BEKAS
1. Pot Bunga
Untuk membuat pot bunga cantik dari botol bekas, caranya cukup sederhana. Botol bekas air mineral atau botol bekas cola tinggal dipotong menjadi duaUntuk ukuran besar kecilnya bisa menyesuaikan selera. Selanjutnya, botol yang sudah dipotong tadi tinggal diisi dengan tanah dan tanaman.
2. Penutup lampu hias
Untuk membuat penutup lampu hias dari botol, diperlukan bahan lain yakni sendok bekas. Cara membuatnya, botol bekas yang sudah disiapkan dipotong bagian ujungnya yang kecil.Kemudian, sendok plastik bekas dipotong dan dipisahkan dari gagangnya. Ujung sendok kemudian ditempelkan dengan menggunakan lem pada potongan botol bekas satu persatu hingga keseluruhan botol bekas tertutupi oleh potongan sendok. Selanjutnya tinggal memberikan hiasan tambahan untuk lebih mempercantik.
3. Tempat Menyimpan ATK
Cara membuatnya cukup sederhana karena hampir sama seperti cara membuat pot bunga dari botol bekas.Botol yang sudah ada tinggal dipotong menjadi dua, lalu kemudian botol yang bagian bawah bisa dicat atau diwarna untuk mempercantik tampilan, dan kemudian sudah bisa digunakan sebagai wadah untuk menyimpan bolpoin atau ATK.
4. Celengan
Cara membuatnya cukup sederhana, pertama-tama potong celengan menjadi dua, lalu gabungkan kembali. Selanjutnya buat lubang pada badan botol sebagai tempat untuk memasukkan uang. Warnai botol dengan menggunakan cat, lalu beri sedikit sentuhan artistik agar celengan dari botol nampak lebih imut.
5. Wadah Perabot Memasak
 
Untuk membuatnya, kaleng bekas tinggal di lubang pada bagian salah satu sisinya sebagai tempat untuk menyimpan perabot. Bagian luar kaleng bisa dicat, digambar atau diberi sentuhan tambahan agar terlihat unik dan elegan. Selanjutnya kaleng bekas tinggal dipaku pada papan kayu agar bisa disimpan di dinding.
6. Wadah Lampu
 
Cara membuatnya cukup sederhana. Kaleng bekas dilubangi pada kedua sisinya sebagai tempat masuknya lampu.Selanjutnya pada bagian sisi kaleng tinggal dibuat pola dengan menggunakan lubang. Untuk melubangi bisa menggunakan paku atau alat bor.Bentuk pola atau gambar bisa bebas sesuai dengan keinginan dan kreatifitas. Setelah itu kaleng tinggal dicat atau diwarna saja.
7. Tempat Tissu
 
Untuk membuat wadah tissu, diperlukan kaleng bekas susu dengan ukuran yang besar. Cara membuatnya, pada bagian tutup kaleng dibuat lubang bulat sebagai tempat untuk keluarnya tissu.Kaleng tinggal dicat dan diwarna agar lebih menarik. Pastikan ukuran tissu yang ingin dimasukkan sesuai dengan ukuran besar kaleng yang digunakanSangat cocok untuk anda yang suka dengan keunikan keunikan yang bisa di jadikan pajangan dan juga bisa di jadikan manfaat untuk tempat tisu.
8. Wadah Tissu
 
Koran bekas memiliki karakter yang tipis. Untuk itu, bila ingin membuat wadah tissu dari koran bekas, pertama-tama lembaran koran yang ada dipilin dan digulung hingga seukuran sedotan atau seukuran batang rokok. Bila lebih besar pun juga tidak mengapa.Pada ujung gulungan bisa dilem agar gulungan koran tidak kembali membuka. Selanjutnya gulungan koran tadi bisa dipotong-potong sesuai kebutuhan ukuran, lalu kemudian ditata dan dilekatkan dengan menggunakan lem sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Alasi dengan menggunakan kain bekas atau kertas kado agar wadah tissu semakin cantik.
9. Hiasan Pohon
 
Untuk membuatnya sebenarnya mudah, namun butuh ketelitian dan kesabaran tersendiri. Pertama-tama, kertas dipilin dan digulung hingga berbentuk memanjang seperti stik.Selanjutnya gulungan-gulungan kertas diikat dan disatukan dengan menggunakan isolasi hingga berbentuk batang pohon. Buat batang dan ranting pohon dengan cara menekuk bagian ujung gulungan koran, ditekuk melingkar hingga menyerupai ranting.
10. Tempat Sampah
Bahan koran yang telah dipersiapkan kemudian dilipat memanjang, tujuannya agar kertas koran bisa dianyam. Setelah dilipat memanjang, kertas koran tinggal disusun dan dianyam saja membentuk pola hingga bentuk keranjang jadi.Gunakan tali atau lem untuk memperkuat sambungan anyaman. Yang harus dipastikan adalah lipatan kertas koran haruslah sama besar dan sama tebal. Hal ini agar lebih mudah dalam menganyam dan membuat bentuk.
Share
Banner

Elma Aini Syafitri

Post A Comment:

0 comments: