About

About
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Labels

slider

Recent

Total Pageviews

About Me

Elma Aini Syafitri
View my complete profile

RESUME FENOMENA FISIK ( KONSEP DASAR IPS )

RESUME FENOMENA FISIK A. Manusia dan Lingkungannya Permukaan bumi merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup. Menurut ilmu lin...

Followers

Navigation

MACAM-MACAM SIMBIOSIS

MACAM-MACAM SIMBIOSIS
Hubungan antarmakhluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal tiga macam kehidupan simbiosis yaitu:
1. Simbiosis mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contohnya seperti hubungan antara serangga dan tumbuhan berbunga. Serangga seperti kupu-kupu, lebah, dan kumbang mengambil nektar dari bunga untuk makanannya, dan serangga tersebut dapat membantu proses penyerbukan pada bunga.
2. Simbiosis komensalisme
Simbiosis komensalisma adalah hubungan ketergantungan antara makhluk hidup, dimana satu pihak diuntungkan namun pihak yang lain tidak dirugikan. Contohnya adalah Anggrek dan berbagai jenis paku-pakuan hidup menumpang pada tumbuhan lain. Anggrek dan paku-pakuan mendapatkan tempat hidup yang dapat terjangkau sinar matahari yang membantu mereka berfotosintesis. Tumbuhan yang ditumpangi tidak diuntungkan maupun dirugikan.
3. Simbiosis parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah hubungan ketergantungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Contohnya adalah benalu yang hidup di pohon inang. Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya tumbuhan yang ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan pertumbuhannya terganggu.
Share
Banner

Elma Aini Syafitri

Post A Comment:

0 comments: